Monday, February 13, 2012

Palak

Palak juga ada dalam bahasa Jawa. Bahasa Indonesia-nya begini :
1) linggis
2) alat yang pernah disinggung Presiden Soekarno ketika geger dengan Inggris. Begini kira-kira: AMERIKA kita ...., Inggris kita .... wedeh!
3) Ilmu Falak (ilmu perbintangan)

Terkait kata palak bimakna Falak itu mungkin berkaitan dengan huruf dasar dalam bahasa Jawa yang tidak mengenal huruf "F". Sementara yang dekat dengan huruf "F" adalah "P". Namun, dalam bahasa Jawa yang konon sudah disempurnakan, huruf "F" sekarang ada. Buktinya, ada juga dalam kamus Bahasa Jawa kata-kata macam: forum, fitri, fakultas, de-el-el. Lantas, kenapa untuk menyebut kata "Falak" kok pakai "Palak" segala? bukankah rentan disalah pahami orang lain dengan arti linggis? halah... ra reti aku. wes ngono kui pokoke.

Lain lagi dengan masalah huruf "F", kini ada juga arti yang angker jika didengarkan kepada orang Madura. Mengapa? yah... karena kata "palak" dalam bahasa Madura itu artinya SAMPENYAN JANGAN MACEM-MACEM. he..he.. ente bisa digorok, gan! "palak" tu hampir sepadan dengan "sesuatu" dalam bahasa Madura. Mau tahu "sesuatu" itu apa? halah... ketinggalan kereta! =))

0 comments:

Post a Comment