Saturday, February 18, 2012

adang

Adang itu artinya "memasak".

Bisa juga diartikan : menanak. Tapi tembung adang ini hanya khusus untuk sesuatu yang bisa di makan.

Kalau untuk sesuatu yang hanya bisa diminum, bisanya menggunakan kata godhog (godhok) atau nggodog (nggodok). Artinya merebus.

Aku lagi adang sego telo
Aku baru (sedang) menanak "nasi singkong".

Catatan : nasi singkong ini saya terjemahkan secara apa adanya. Sego = nasi, Telo = singkong (ubi kayu). Maksudnya bukan saya sedang memasak nasi kemudian ditumpangi singkong di atasnya. Namun menanak beras yang ketika sudah setengah matang, diangkat dan dicampuri dengan singkong yang sudah digerok lantas di tanak lagi. [[ kata digerok ini merupakan bentuk pasif dari kata kerja nggerok. Adapun kata bendanya adalah gerok atau gerokan. Gerok atau gerokan ini merupakan semacam alat parut tradisional sekaligus manual. Hasil dari tindakan meng-gerok itu nantinya akan lebih besar-besar, panjang-panjang dan agak kasar. Berbeda dengan alat parut yang sama-sama tradisional-manual namun relatif menghasilkan parutan yang lebih halus. Hmmm.. apa ya, padanan kata gerok yang lebih pas dalam bahasa Indonesia itu? pokoknya begitu lah... he,,,he,, moga paham. Bagi yang mau menambahkan catatan, saya persilahkan. Dengan catatan, dalam bahasa Jawa itu ada alat gerok dan alat parut. Keduanya berbeda meski sama-sama manual-tradisional ]].

Aku lagi nggodok banyu
Aku baru (sedang) memasak air.

--------------

Lagi ngadangke sopo, Yu?
Sedang measakkan siapa, Mbak?

ora adang. namung nggodok banyu kanggo nggawe wedang ngko bengi
Ndak masak. Cuma ngrebus air untuk bikin minuman ntar malam.

Lha arep ono gawe opo?
Emangnya mau ada (sesuatu atau kerjaan) apa?

ora ono opo-opo. mung nggo cawis-cawis bojoku wae. Akir-akir iki wonge kerep nglembur nganti wengi-wengi. [[ mung = namung, nggo = kanggo ]]
Tidak ada apa-apa. Cuma untuk persediaan suamiku aja. (sebabnya) Akhir-akhir ini dia hampir bisa dastikan (kerja) lembur sampai tengah malam.

oh... tak kiro ape ono gawean opo ngono. kok nglembur nganti wengi-wengi gawe opo ?
oh... kirain ada sesuatu apa gitu. (ngomong-ngomong / btw) kok nglembur sampai tengah malam, bikin apa?

Hayo tebak, bikin apa hayo?

0 comments:

Post a Comment